Secularism

Islam di jajah ….?

        Islam, sebagai agama terbesar didunia dimana Indonesia merupakan salah satu Negara yang berpenduduk Muslim terbesar didunia. Konon kabarnya Ummat Islam yang besar ini sedang dijajah, wah, ko bias ! sama siapa ? Yap, meskipun secara kwantitas ummat ini berada diurutan pertama, akan tetapi masih menjadi sasaran empuk sekelompok orang. Emangnya apanya sih yang dijajah? Ya, sebagian besar ummat Islam terutama yang masih tergolong remaja sepeti saya heheheh,, belum menyadari adanya penjajahan ini. Hal ini terjadi karena berbagai factor, ada yang ga ngeuh sama keadaan, ada yang merasa sudah cukup dengan kondisi ummat Islam yang ada, atau ada juga yang ga peduli sama hal ini.

            Secara sekilas, sepertinya tidak ada penjajahan dalam tubuh Ummat Islam, toh kita masih bisa dengan leluasa melaksanakan sholat, shaum, zakat, haji dll. Yap bener banget, secara ritual, kita emang merdeka dan bebas untuk melaksanakan ibadah ritual tersebut. Kita bebas mau ngaji di masjid manapun, mau umroh kapanpun, atau mau saum sunnah apapun, mau sehari tilawah berapa juz-pun, juga silahkan tidak ada yang melarang, tidak ada penjajahan dalam hal ini. Terus, apanya dong yang di jajah ??? beneran mau tahu…!!!! Temen-temen pernah belajar PKN atau kewarganegraan kan ! yahh, sekalipun nilainya jeblok ngaku aja ga papa, ga akan ditanyain ko, waktu kelas VIII SMP dulu, kita pernah belajar tentang sector-sektor Negara yang merupakan komponen sekaligus kunci keberhasilan suatu system pemerintahan.  Sector-sektor itu adalah IPOLEKSOSBUD HANKAM, masih inget kan. Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan.

            Halo..halo..masih konek kan !

            Dalam ilmu usul fiqih, klasifikasi Ibadah  dikategorikan menjadi 2 yakni ibadah mahdloh (ibadah langsung) dan ibadah tidak langsung (ghoir mahdloh). Ibadah langsung, dalam hal ini merupakan ibadah yang dalam pelaksanaanya kita langsung berurusan dengan Allah, dalam melaksanakan ibadah ini, tidak diperlukan campurtangan manusia lain secara langsung, walaupun hakikatnya juga tidak bisa sendiri. Contohnya, sholat fardu sholat wajib yang boleh dilakukan seorang diri, akan tetapi hakikatnya tetap saja membutuhkan peran orang lain, seperti adzan yang kita dengarkan merupakan suara orang lain, yang menghitung waktu sholatnya pun orang lain, jadi secara hakikat sebenarnya tidak ada ibadah yang bisa dilkukan secara personal (fardliyah).

            Jenis ibadah  kedua, adalah ibadah ghoir mahdloh, dimana dalam pelaksanaan ibadah ini, kita tidak bisa sendirian baik secara hakikat maupun pelaksanaanya, secara bahasa ghoir mahdloh berarti ibadah tidak langsung, artinya ibadah jenis ini merupakan ibadah yang dalam pelaksanaannya diperlukan peran orang lain, ibadah ini akan berpengaruh manakala banyak orang yang melaksanakan, Nah dalam hal ini contohnya IPOLEKSOSBUD HANKAM itu pemirsa, hehehe. Contohnya ekonomi, ekonomi Islam misalnya, tidak akan berdampak sama sekali manakala hanya seorang saja yang melaksanakan, butuh kekompakan dari banyak pihak supaya bisa menjelma menjadi sebuah system yang akan dita’ati oleh semua orang.

            Yap, sekarang udah kebayang kan, apanya yang dijajah ! Jadi ummat ini yang dijajahnya adalah sector-sektor kunci kehidupan manusia, mulai dari sub system ekonomi, politik, budaya de el el.. coba deh temen-temen perhatikan bagaiman negeri ini dieksploitasi dari mulai potensi alam, hingga manusianya sendiri, dan parahnya kita tidak merasa dijajah, kita merasa nyaman dan aman dengan kondisi ini,,

Wallahua’lam..

Salam Super..!Ups Salah, itu punya Mario Teguh yah.. Ya udah deh..

Salam Likum..Hee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s